Minggu, 14 November 2010

MEMPOSISIKAN PRODUK

PENGARUH PRODUCT POSITIONING TERIIADAP
BRANDIMAGE

Berdasarkanp ermasalahany ang telah di rumuskan apakahp roduct
positioning mempengaruhbi rand image Sasa di Surabaya maka teori yang
relevan untuk membahas masalah tersebut adalah konsep product
positioning, konsep brand image dan teori pengaruh product positioning
terhadap brand image.

A. PRODUCT POSITIONING

Pada saats itu persaingan demikian kompetitif, banyak badan
usaha perusahaan untuk memposisikan produk dengan memberikan informasi
kepada konsumen baik dalam bentuk iklan di media cetak, radio dan
sebagainya. Untuk memudahkan pembuatan keputusan pembelian,
konsumen memilih produk dengan memposisikan produk dan jasa dari
badan usaha ke dalam benak konsumen. Dalam keputusan pembelian,
konsumen akan memilih produk yang akan memberikan nilai yang terbesar.
Oleh karena itu pemasar harus dapat mengetahui apa yang diinginkan dan
dibutuhkan oleh konsumen dalam suatu produk danjasa.
Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, pemasar
berusaha memposisikan produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang
dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen yang menjadi target sehingga
pada akhimya akan timbul tempat yang bemilai dan jelas dibenak
konsumena kanp rodukt ersebut.P esany ang disampaikank epadak onsumen
diusahakans ederhanan amun memiliki ciri khas dan sanggup menembus
pikiran dan mudah diingat oleh konsumen.

Menurut Kotler dan Armshong (1994, p. 276) yaitu "A product is
anythtng that can be offered to a market for attention, aquisition, use or
consumption and tlnt might satisfy a v)ont or need, includes physical
object,semices, person, places, organization and idea", prodttk
merupakan segala sesuatu yang ditawarkan untuk memuaskan kebufuhan
dan keinginan konsumen termasuk obyek fisik, pelayanan, orang, tempat,
organisasdi an gagasana taui de.
Penempatanp osisi merupakans alah safu strategi pemasar.my ang
sering digunakan untuk menarik konsumen terhadap produk yang
ditawarkan.

MenurutA l Riesd anJ ackT rout (1996,p148)"Positioninsgt altwith
a product, but positioning is not what you do to a product, positioning is
what you to do to the mind of the prospect", positioning di mulai dengan
sebuah produk, tetapt positioning adalah bukan apa yang telah diperbuat
terhadap suatu produlg tetapi positioning adalah apa yang telah diperbuat
terhadap benak prospek yaitu memposisikan produk dalam benak prospek
Dari kedua pengertian diatas dapat dijelaskan bahwa pada
hakekahya positioning beorientasi pada benak konsumen. Dalam meraih
tempat dibenak konsumen, badan usaha perlu membangun suatu posisi
dibenak konsumen menjadi target pasar. Tidak cukup hanya menemukan
sesuatut,e tapij uga harus mampuu ntuk masukd an menjadin omor satu
dibenak konsumen.
Positioning sebenarnya juga berkaitan erat dengan pemenuhan
keinginan sasaran artinya pada saat memposisikan produknya, pemasar
harus mempelajari selera pasar dalam hal ini adalah kebutuhan dan
keinginan konsumen sehingga memudahkan bagi pemasar dalam
memposisikanp roduk.
Assael (1992,p.555) "product positioning is strateg)/ designed to
communicatep roduct benefit to meetc onsumern eed", product positioning
adalah suatu strategl yang didesain untuk mengkomunikasikan manfaat
produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar